Jaringan sosial media telah menjadi
salah satu bagian dari gaya hidup manusia modern. Berbagai layanan
jaringan sosial yang populer saat ini seperti Line, Facebook atau
Twitter memberikan fitur dan pengalaman yang berbeda pada para
penggunanya.
Baru-baru ini sebuah survei dilakukan di Jepang
yang meminta responden untuk memilih jaringan sosial manakah yang
paling sering digunakan dan paling baik (dalam berbagai aspek) menurut
mereka.
Respondennya berjumlah 680 orang pria dan wanita dengan rentang umur 10 hingga 50 tahun. Survei
dilakukan dengan cara responden memilih antara 3 besar jaringan sosial
dengan pengguna terbesar di Jepang yaitu Line, Facebook dan Twitter.
Dan hasilnya adalah, Line memperoleh
40,4% suara, diikuti oleh Twitter 32,6% dan Facebbok di tempat terakhir
dengan 23,5%. Hampir 50% pengguna berusia 10-20 tahun memilih Twitter
sebagai jaringan sosial favorit mereka, sementara itu 37% pengguna
berusia 40 tahunan memilih Facebook sebagai jaringan sosial yang paling
nyaman untuk mereka.
Sementara untuk kategori jaringan sosial
yang paling sering digunakan untuk menghubungi orang, Line kembali
menempati peringkat pertama dengan 71,8% dari total suara. Yang menarik
adalah 91,8% pengguna berusia 10-20 tahun memilih Line sebagai jaringan
sosial yang sering digunakan untuk menghubungi orang lain karena
kecepatannya dan kemudahannya. Menurut mereka kemudahan menghubungi
orang lain dengan fitur olah pesan yang cepat jauh lebih dibutuhkan
mereka daripada fitur seperti update teks yang menunjukan mereka di mana atau sedang melakukan apa, ataupun slideshow yang menunjukan foto-foto mereka yang telah lalu. Keterangan mereka mengacu pada fitur update status dan tweet dari facebook dan twiter. Sementara Facebook sendiri dengan berbagai fitur olah pesannya seperti chat ataupun tab ‘tag‘ mendapat suara sebanyak 14%.
Masyarakat Jepang dikenal cukup
berhati-hati dengan masalah privasi. Berbagai fitur di jaringan sosial
tetap membuat orang Jepang tak sembarangan mengumbar provasi mereka.
Lalu, jaringan sosial manakah yang paling membuat orang Jepang merasa
khawatir? Facebook sukses mendapat tempat pertama di sini. Masalah
keamanan privasi pengguna memang telah menjadi masalah klasik Facebook
sejak lama, begitu pula di Jepang. Facebook memperoleh 59,5% dari total
suara.
Lalu yang terakhir adalah, jaringan
sosial manakah yang ‘akan menjadi masalah jika itu tak dapat diakses’
bagi masyarakat Jepang? Lagi-lagi Line menempati peringkat pertama
dengan 49% suara, kedua adalah Twitter dengan 18,7% serta Facebook 17,8%
. Dengan demikian kesimpulan dari survei ini adalah masyarakat Jepang
tak terlalu peduli dengan apa yang sedang orang lain kerjakan, atau
berbagi link artikel suatu peristiwa, hal simpel yang mereka
sukai adalah layanan olah pesan yang mudah dan cepat untuk menghubungi
orang-orang dekat mereka.
ternyata orang jepang juga aktif dalam sosial media.
BalasHapus